Skripsi 2018


Prosedur Penyusunan Proposal skripsi 2018


Jadwal Kegiatan Penyusunan Skripsi Semester Genap TA 2017-2018
     
 Tanggal Kegiatan Keterangan
12 Februari - 10 Maret 2018

Perpanjangan pendaftaran skripsi sampai dengan tanggal 24 Maret 2018 (Itidak ada perpanjangan lagi setelah waktu ini)


Pengajuan proposal skripsi. 


Silahkan mengisi 
Formulir Pendaftaran Skripsi Daring

Anda wajib login ke akun Google Apps mahasiswa TI (xxx@fti.urindo.ac.id) untuk dapat mengisi formulir, mengunggah bukti pembayaran, dan mengunggah proposal skripsi. Setiap mahasiswa prodi TI secara default pasti memiliki akun Google Apps. Pastikan Anda telah memiliki Google account  dan melakukan login untuk mengisi formulir. (Login menggunakan akun lain tidak akan diproses)


Daftar mahasiswa yang telah mengisi formulir pendaftaran skripsi dan status proposal yang diajukan: Status proposal skripsi (saat ini masih belum diaktifkan)


Foto Sosialisasi Penyusunan Proposal Skripsi. Sabtu, 3 Maret 2018
Proposal akan dikoreksi oleh KPS, setelah disetujui, maka KPS akan menentukan pembimbing, dan dilanjutkan dengan seminar proposal.

Panduan skripsi silahkan diunduh pada tautan: Panduan Skripsi

Mencari ide judul karya ilmiah bisa lihat di tautan berikut: http://lontar.cs.ui.ac.id/Lontar/opac/themes/newui/

Mencari ide judul skripsi bisa lihat di tautan berikut: http://lontar.cs.ui.ac.id/Lontar/opac/themes/newui/list.jsp?id=4

Tahapan memulai penelitian untuk mahasiswa galau dari pak Romi Satrio Wahono tentang skripsi (2013):
http://romisatriawahono.net/2013/01/23/tahapan-memulai-penelitian-untuk-mahasiswa-galau/

Proposal skripsi berisi Bab 1-3+Daftar pustaka (dari panduan skripsi): 

Bab 1 menguraikan latar belakang dan identifikasi masalah yang menjadi fokus utama dalam aspek penilaian kelayakan;

Bab 2 berisi perbandingan, analisis, sintesa dari tema/judul yang dipilih, melalui hasil kajian State of the Art dari sumber-sumber referensi bermutu dan relevan yang diambil dari makalah (paper dari jurnal atau prosiding) dan buku dalam kurun waktu 5 tahun terakhir;

Bab 3 berisi metodologi atau langkah-langkah yang Anda lakukan dalam melakukan penelitian mulai dari menemukan masalah, membuat pertanyaan riset sebagai dasar untuk penentuan metode yang akan dipilih, teknik pengumpulan data, cara pengolahan data, dan analisis hasil sampai penentuan kesimpulan. Di dalam bab 3 tidak perlu menuliskan tentang teori-teori atau definisi-definisi, melainkan murni berisi tahapan Anda dalam menemukan masalah dan mencari solusinya atau jawaban dari pertanyaan riset yang diajukan;

Daftar pustaka sebagai daftar referensi bacaan terdiri dari prioritas:
  1. Makalah (paper dari jurnal atau prosiding minimal dengan ISSN). Sumber referensi prosiding yang dapat diakses: SNATi 2010SEMNASTEK 2014SENTIKA 2014,  SEMNASTEK 2015. Sumber jurnal yang dapat diakses: I-Statement, IKRAITH-INFORMATIKA Edisi Maret 2018, IKRAITH-INFORMATIKA Edisi Juli 2018, My Google Scholar, My Researchgate, My Mendeley, My Academia, My OSF, dan Jurnal Teknologi Informasi (FTI-Urindo) dalam proses penerbitan di Open Journal System (OJS) agar bisa terindeks di Google Scholar.  
  2. Buku hanya jenis referensi dan atau monograf dengan ISBN yang bisa dimasukkan ke dalam daftar pustaka. Buku yang dipublikasikan juga harus dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Beberapa contoh buku yang bisa menjadi referensi: 
    • Dennis, Wixon, & Tegarden, System Analysis and Design with UML version 2.0 An Object-Oriented Approach, 3rd Edition, John Wiley and Sons Publishing, 2009. (PDF)
    • Wazlawick, Objeck-Oriented Analysis and Design for Information Systems: Modelling with UML, OCL, and IFML, Morgan Kaufmann Publishing, 2014. (PDF)
    • Vacca, Network and System Security, 2nd Edition, Syngress Publishing, 2014. (PDF)
    • Borchers, Jan, Arduino in a Nutshells the latest version 1.13, 26.06.2015. URL: http://hci.rwth-aachen.de/arduino. Tanggal akses 24 Februari 2018
Jumlah referensi bacaan minimal 10 referensi (tercantum dalam daftar pustaka) terdiri dari minimal (70%) 7 makalah (dari jurnal atau prosiding) dan (30%) 3 referensi dari sumber lain bisa berasal dari buku, dokumen data primer, dan dokumen pendukung lain. Referensi harus relevan dengan tema/judul skripsi yang dipilih. Sumber referensi dari blog akan ditolak.
19 Februari-17 Maret 2018

Diperpanjang sampai dengan tanggal
31 Maret 2018



Penentuan pembimbing dan seminar proposal skripsiPersyaratan pelaksanaan seminar proposal skripsi:
  • Mahasiswa membayar biaya seminar proposal ke sekretariat FTI.
  • Mahasiswa menyerahkan 4 eksemplar proposal yang sudah diperbaiki hasil koreksi dari KPS ke sekretariat.
  • Mahasiswa yang melaksanakan seminar wajib membawa setidaknya 5 orang mahasiswa (teman sekelas atau adik kelas dari FTI bukan dari fakultas lain). 
  • Mahasiswa memakai pakaian atasan kemeja dan celana panjang bahan (rok di bawah lutut untuk wanita) berwarna gelap, berpakaian rapi dan sopan, dilengkapi dengan jas almamater.
Mekanisme pelaksanaan seminar proposal skripsi:
  • Seminar proposal skripsi dihadiri oleh 2 orang penguji dan didampingi oleh seorang pembimbing
  • Seminar proposal bersifat terbuka bagi mahasiswa FTI dari setiap semester
  • Seminar proposal dilakukan untuk menjamin bahwa karya yang Anda ajukan layak menjadi sebuah skripsi dan mampu laksana sesuai dengan biaya yang dibutuhkan, usaha yang dikeluarkan, dan dengan waktu yang ditentukan. 
  • Kegagalan dalam seminar proposal skripsi berdampak kepada kesulitan dalam penyusunan skripsi dan pada akhirnya skripsi tidak dapat diselesaikan tepat waktu
12 Maret - 28 April 2018  Pelaksanaan bimbingan skripsi 

  12 -17 Maret 2018    --> Bab 1
      19 - 24 Maret 2018      --> Bab 2
         26 - 31 Maret 2018        --> Bab 3
            2 - 14 April 2018               --> Bab 4
               16 - 28 April 2018               --> Bab 5 
                   30 April - 12 Mei 2018         --> Bab 6
                         14 - 25 Mei 2018                 --> Bab 7

 2 - 19 Mei 2018

Penyerahan dokumen skripsi siap sidang  Persyaratan mengikuti sidang skripsi adalah:
  1. Mahasiswa telah melaksanakan proses bimbingan sebanyak minimal 8 x bimbingan
  2. Pembimbing telah menyetujui bahwa skripsi layak sidang dengan bukti tanda tangan kesiapan sidang dari dosen pembimbing
  3. Menyerahkan 3 eksemplar dokumen skripsi yang telah dijilid kepada sekretariat FTI
 21 Mei - 2 Juni 2018

Pelaksanaan sidang skripsi Pelaksanaan sidang skripsi dapat diuraikan sebagai berikut:
  1. Sidang dihadiri oleh 2 orang penguji dan didampingi oleh seorang pembimbing
  2. Sidang berlangsung selama 90 menit terdiri dari maksimal 15 menit presentasi, 60 menit diskusi dengan penguji (30 menit masing-masing untuk penguji), sisa waktu 15 menit untuk demo program. Secara teknis jalannya sidang bisa saja menggunakan komposisi waktu yang berbeda.
  3. Mahasiswa pria harus memakai jas warna gelap, kemeja warna putih lengan panjang, celana panjang hitam, dan memakai dasi. Bagi mahasiswa perempuan menggunakan kemeja warna putih lengan panjang, rok panjang hitam,   
  4. Pengumuman kelulusan sidang akan diumumkan pada hari yang sama secara kolektif, setelah seluruh peserta menyelesaikan sidang. 
 2 - 29 Juni 2018
Penyerahan dokumen lengkap hasil revisi skripsi

Dokumen skripsi yang telah direvisi wajib diserahkan dalam bentuk tercetak dan elektronik. Pastikan bahwa dokumen hasil revisi telah disetujui oleh  pembimbing dan penguji, dan disahkan oleh KPS, dekan, dan panitia ujian dengan bukti tanda tangan.

Dokumen elektronik wajib dikumpulkan dengan cara mengunggah di bagian formulir unggah. Dokumen yang harus diunggah terdiri dari
  1. Naskah skripsi lengkap (cover, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, bab 1-7, dan lampiran) (file .doc, docx, atau .pdf). Perhatian: naskah yang dikonversi menjadi bentuk elektronik harus identik dengan naskah yang dicetak dalam arti bahwa harus dilengkapi juga dengan tanda tangan (pembimbing, penguji, KPS, dekan, dan panitia ujian). Jadi cara mudahnya adalah dengan melakukan pindai (scan) dari versi tercetak untuk bagian tanda tangan
  2. Kode sumber (source code) dari perangkat lunak yang dibuat. Seluruh file yang terlibat agar aplikasi berjalan dengan normal harus diikutsertakan. Seluruh file dikompres dalam format .zip atau .rar
  3. Naskah jurnal sesuai dengan template dari Jurnal Teknologi informasi

Anda wajib login ke akun Google Apps untuk bisa mengunggah dokumen elektronik (gunakan akun mahasiswa TI Anda: xxx@fti.urindo.ac.id untuk dapat mengisi formulir dan mengunggah dokumen skripsi). Setiap mahasiswa prodi TI secara default pasti memiliki akun mahasiswa TI sebagai akun Google Apps (G-Suite). Pastikan Anda telah memiliki Google account  dan melakukan login untuk mengisi formulir berikut:


Mahasiswa melakukan revisi sesuai catatan perbaikan hasil sidang dari penguji. Setelah disetujui oleh penguji, maka dokumen skripsi dijilid hard cover 3 eksemplar dan diserahkan ke Fakultas, Perpustakaan, dan BAAK untuk pengambilan ijazah. Mahasiswa juga harus menulis makalah sesuai template dari Jurnal Teknologi Informasi. 

        Template jurnal silahkan unduh di sini 

(Makalah yang Anda tulis tetap harus melalui proses review, jika memang akan diajukan untuk diterbitkan di Jurnal Teknologi Informasi. Diterima atau ditolaknya makalah Anda tergantung kepada hasil penilaian kelayakan dari reviewer). 
 23 - 31 Juli 2018YudisiumYudisium adalah fase seorang mahasiswa telah dinyatakan lulus dengan jumlah minimal 145 sks, nilai per mata kuliah minimal C, dan telah lulus skripsi dengan nilai minimal C. 

Kami sangat menyarankan kepada setiap mahasiswa yang akan lulus untuk mengecek kembali (setidaknya satu bulan sebelumnya) jumlah sks yang telah diambil dan nilai setiap mata kuliah (silahkan meminta rekapitulasi nilai ke sekretariat FTI dan dikonsultasikan ke KPS), pastikan bahwa seluruh syarat minimal telah terpenuhi. Mata kuliah dengan nilai < C bisa diperbaiki melalui mekanisme P3M yang diatur tersendiri

Keluaran dari yudisium adalah Nama, NPM, IPK, dan judul skripsi, dan rekapitulasi nilai sebagai dasar data untuk wisuda dan pembuatan ijazah dan transkrip 

Comments