Skripsi 2017


Prosedur Penyusunan Proposal skripsi 2017


Jadwal Kegiatan Penyusunan Skripsi Semester Genap TA 2016-2017
     
 Tanggal Kegiatan Keterangan
13 Februari - 11 Maret 2017


Penyerahan proposal skripsi. 


Silahkan mengisi 
Formulir Pendaftaran Skripsi Daring

Daftar mahasiswa yang telah mengisi formulir pendaftaran skripsi dan status proposal yang diajukan: Status proposal skripsi
Proposal akan dikoreksi oleh KPS, setelah disetujui, maka KPS akan menentukan pembimbing, dan dilanjutkan dengan seminar proposal.

Panduan skripsi silahkan diunduh pada tautan: Panduan Skripsi

Proposal skripsi berisi Bab 1-3+Daftar pustaka (dari panduan skripsi): 

Bab 1 menguraikan latar belakang dan identifikasi masalah yang menjadi fokus utama dalam aspek penilaian kelayakan;

Bab 2 berisi perbandingan, analisis, sintesa dari tema/judul yang dipilih, melalui hasil kajian State of the Art dari sumber-sumber referensi bermutu dan relevan yang diambil dari makalah (paper dari jurnal atau prosiding) dan buku dalam kurun waktu 5 tahun terakhir;

Bab 3 berisi metodologi atau langkah-langkah yang Anda lakukan dalam melakukan penelitian mulai dari menemukan masalah, membuat pertanyaan riset sebagai dasar untuk penentuan metode yang akan dipilih, teknik pengumpulan data, cara pengolahan data, dan analisis hasil sampai penentuan kesimpulan. Di dalam bab 3 tidak perlu menuliskan tentang teori-teori atau definisi-definisi, melainkan murni berisi tahapan Anda dalam menemukan masalah dan mencari solusinya atau jawaban dari pertanyaan riset yang diajukan;

Daftar pustaka sebagai daftar referensi bacaan terdiri dari prioritas:
  1. Makalah (paper dari jurnal atau prosiding dengan ISSN). Sumber referensi prosiding yang dapat diakses: SNATi 2010SEMNASTEK 2014SENTIKA 2014,  SEMNASTEK 2015
  2. Buku dengan ISBN. Makalah dan buku yang dipublikasikan harus dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Beberapa buku yang bisa menjadi referensi: 
    • Dennis, Wixon, & Tegarden, System Analysis and Design with UML version 2.0 An Object-Oriented Approach, 3rd Edition, John Wiley and Sons Publishing, 2009. (PDF)
    • Wazlawick, Objeck-Oriented Analysis and Design for Information Systems: Modelling with UML, OCL, and IFML, Morgan Kaufmann Publishing, 2014. (PDF)
    • Vacca, Network and System Security, 2nd Edition, Syngress Publishing, 2014. (PDF)
Jumlah referensi bacaan minimal 5 makalah (paper) dan sumber lain bisa berasal dari buku. Referensi harus relevan dengan tema/judul yang diambil. Sumber referensi dari blog akan ditolak.
 6-17 Maret 2017


Penentuan pembimbing dan seminar proposal skripsiPersyaratan pelaksanaan seminar proposal skripsi:
  • Mahasiswa membayar biaya seminar proposal ke sekretariat FTI.
  • Mahasiswa menyerahkan 4 eksemplar proposal yang sudah diperbaiki hasil koreksi dari KPS ke sekretariat.
  • Mahasiswa yang melaksanakan seminar wajib membawa setidaknya 5 orang mahasiswa (teman sekelas atau adik kelas dari FTI bukan dari fakultas lain). 
  • Mahasiswa memakai pakaian atasan kemeja dan celana panjang bahan (rok di bawah lutut untuk wanita) berwarna gelap, berpakaian rapi dan sopan, dilengkapi dengan jas almamater.
Mekanisme pelaksanaan seminar proposal skripsi:
  • Seminar proposal skripsi dihadiri oleh 2 orang penguji dan didampingi oleh seorang pembimbing
  • Seminar proposal bersifat terbuka bagi mahasiswa FTI dari setiap semester
  • Seminar proposal dilakukan untuk menjamin bahwa karya yang Anda ajukan layak menjadi sebuah skripsi dan mampu laksana sesuai dengan biaya yang dibutuhkan, usaha yang dikeluarkan, dan dengan waktu yang ditentukan. 
  • Kegagalan dalam seminar proposal skripsi berdampak kepada kesulitan dalam penyusunan skripsi dan pada akhirnya skripsi tidak dapat diselesaikan tepat waktu
 13 Maret - 28 April 2017  Proses bimbingan skripsi 13 -17 Maret 2017    --> Bab 1
    20 - 24 Maret 2017      --> Bab 2
       27 - 31 Maret 2017        --> Bab 3
            3 - 7 April 2017               --> Bab 4
               10 - 14 April 2017               --> Bab 5 
                   17 - 21 April 2017                --> Bab 6
                         24  - 28 April 2017              --> Bab 7

1 - 12 Mei 2017

Penyerahan dokumen skripsi siap sidang  Persyaratan mengikuti sidang skripsi adalah:
  1. Mahasiswa telah melaksanakan proses bimbingan sebanyak minimal 8 x bimbingan
  2. Pembimbing telah menyetujui bahwa skripsi layak sidang dengan bukti tanda tangan kesiapan sidang dari dosen pembimbing
  3. Menyerahkan 3 eksemplar dokumen skripsi yang telah dijilid kepada sekretariat FTI
 15 - 26 Mei 2017

Pelaksanaan sidang skripsi Pelaksanaan sidang skripsi dapat diuraikan sebagai berikut:
  1. Sidang dihadiri oleh 2 orang penguji dan didampingi oleh seorang pembimbing
  2. Sidang berlangsung selama 90 menit terdiri dari maksimal 15 menit presentasi, 60 menit diskusi dengan penguji (30 menit masing-masing untuk penguji), sisa waktu 15 menit untuk demo program. Secara teknis jalannya sidang bisa saja menggunakan komposisi waktu yang berbeda.
  3. Mahasiswa pria harus memakai jas warna gelap, kemeja warna putih lengan panjang, celana panjang hitam, dan memakai dasi. Bagi mahasiswa perempuan menggunakan kemeja warna putih lengan panjang, rok panjang hitam,   
  4. Pengumuman kelulusan sidang akan diumumkan pada hari yang sama secara kolektif, setelah seluruh peserta menyelesaikan sidang. 
 22 Mei - 2 Juni 2017
Penyerahan dokumen lengkap hasil revisi skripsi

Dokumen skripsi yang telah direvisi wajib diserahkan dalam bentuk tercetak dan elektronik. Pastikan bahwa baik dokumen tercetak (hard cover) dan elektronik telah disetujui oleh  pembimbing dan penguji, dan disahkan oleh KPS, dekan, dan panitia ujian dengan bukti tanda tangan.

Dokumen elektronik wajib dikumpulkan dengan cara mengunggah di bagian formulir unggah. Dokumen yang harus diunggah terdiri dari
  1. Naskah skripsi lengkap (cover, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, bab 1-7, dan lampiran) (file .doc, docx, atau .pdf). Perhatian: naskah yang dikonversi menjadi bentuk elektronik harus identik dengan naskah yang dicetak dalam arti bahwa harus dilengkapi juga dengan tanda tangan (pembimbing, penguji, KPS, dekan, dan panitia ujian). Jadi cara mudahnya adalah dengan melakukan pindai (scan) dari versi tercetak untuk bagian tanda tangan
  2. Kode sumber (source code) dari perangkat lunak yang dibuat. Seluruh file yang terlibat agar aplikasi berjalan dengan normal harus diikutsertakan. Seluruh file dikompres dalam format .zip atau .rar
  3. Naskah jurnal sesuai dengan template dari Jurnal Teknologi informasi

Anda wajib login ke akun Google Apps untuk bisa mengunggah dokumen elektronik (gunakan akun mahasiswa TI Anda: xxx@fti.urindo.ac.id untuk dapat mengisi formulir dan mengunggah dokumen skripsi). Setiap mahasiswa prodi TI secara default pasti memiliki akun mahasiswa TI sebagai akun Google Apps (G-Suite). Pastikan Anda telah memiliki Google account  dan melakukan login untuk mengisi formulir berikut:


Mahasiswa melakukan revisi sesuai catatan perbaikan hasil sidang dari penguji. Setelah disetujui oleh penguji, maka dokumen skripsi dijilid hard cover 3 eksemplar dan diserahkan ke Fakultas, Perpustakaan, dan BAAK untuk pengambilan ijazah. Mahasiswa juga harus menulis makalah sesuai template dari Jurnal Teknologi Informasi.

        Template jurnal silahkan unduh di sini 

(Makalah yang Anda tulis tetap harus melalui proses review, jika memang akan diajukan untuk diterbitkan di Jurnal Teknologi Informasi. Diterima atau ditolaknya makalah Anda tergantung kepada hasil penilaian kelayakan dari reviewer). 
 10 - 15 Juli 2017YudisiumYudisium adalah fase seorang mahasiswa telah dinyatakan lulus dengan jumlah minimal 145 sks, nilai per mata kuliah minimal C, dan telah lulus skripsi dengan nilai minimal C. 

Kami sangat menyarankan kepada setiap mahasiswa yang akan lulus untuk mengecek kembali (setidaknya satu bulan sebelumnya) jumlah sks yang telah diambil dan nilai setiap mata kuliah (silahkan meminta rekapitulasi nilai ke sekretariat FTI dan dikonsultasikan ke KPS), pastikan bahwa seluruh syarat minimal telah terpenuhi. Mata kuliah dengan nilai < C bisa diperbaiki melalui mekanisme P3M yang diatur tersendiri

Keluaran dari yudisium adalah Nama, NPM, IPK, dan judul skripsi, dan rekapitulasi nilai sebagai dasar data untuk wisuda dan pembuatan ijazah dan transkrip 


Comments